Mendalam ini hampir semua perusahaan menggunakan tes psikologi/psikotest sbg bagian di tahapan penerimaan karyawan trendi. Keunikan dari tes ini adalah ketidakpastian, mengapa? Soalnya faktor tersebut dapat memutarbalikkan perhitungan rasional potensi seseorang.

Sebagai contoh versi perguruan tinggi terbaik region ini dengan IPK: 3 koma serta berpengalaman sbg asisten tutor tidak dapat lolos atas lubang lidi psikotest dengan demikian akhirnya harus beralih profesi menjadi berwirausaha karena belum pernah sunyi pada tatkala mengikuti tes psikotest. Itu sungguh ironi, namun itu fakta.

Hamba memang bukan seorang psikiater dari http://lei.co.id, namun tips dibawah itu diharapkan sanggup membantu kalian para jobseeker untuk menyekat ngerinya psikotest.

1. Tes Logika Aritmatika

Tes ini terdiri buat deret nilai. Yang diukur dalam tes ini didefinisikan sebagai kemampuan analisa dalam mengerti poa-pola/kecenderungan tertentu (dalam rupa angka deret) untuk kemudian memprediksikan hal-hal lain bertolak pada pola ini.

2. Tes Logika Paham

Tes ini terdiri dari deret pelan, baik atas 2 dimensi maupun 3 dimensi. Yang ingin diukurdalam tes ini diartikan sebagai kemampuan anda dalam mahir pola-pola/kecenderungan tertentu dalam tokoh gambar untuk kemudian melaksanakan prediksi menurut pola kamu tersebut.

3. Tes Mendekati Verbal

Tes ini buncit sekitar 40 soal berisi dari sinonim, antonim, atau analog unik kata. Yang diukur dalam tes itu adalah kesangkilan logika kamu terhadap uni kondisi, untuk melihat sekitar mana kau memahami pokok akibat unik permasalahan.

4. Kraepelin atau Pauli

Tes ini berisi dari kategori angka-angka yang tersusun berdasar pada membujur (atas-bawah) dalam paham lajur-lajur. Kandidat pegawai diminta untuk menjumlahkan dua angka yang bertandang dalam saat tertentu disetiap kolom & menuliskan disampingnya. Yang diukur dalam tes ini merupakan konsistensi serta ketahanan, sikap terhadap tolakan, kemampuan kecakapan penyesuaian diri, ketelitian sekalian kecepatan di mengerjakan suatu pekerjaan.

5. Wartegg Tes

Tes ini terdiri atas 8 tempat yang besar perut bentukan-bentukan unik seperti kurik, garis kurva, 3 garit sejajar, ulas, dua urutan saling mengabung, dua perenggan terpisah, tujuh buah kurik tersusun menyimpang dan garit melengkung. Tersedia akan diminta meneruskan pelan, kemudian merekatkan nomor teratur dari pelan yang anda seleseikan lebih dulu, selain itu anda pun disuruh merekatkan nomor ilustrasi mana yang paling disukai, tidak digemari, sulit, dan mudah pikir anda. Yang diukur untuk tes tersebut adalah perasaan, imajinasi, intelektual dan aktivitas subjek.

6. Menggambar Pokok kayu



Tes berikut terdiri atas tugas menggambar pohon. Umumnya kriterianya, berkambium, bercabang, & berbuah. Jadi tidak diperbolehkan bagi dikau menggambar pohon seperti bambu, kelapa, saru, dll.

7. Menggambar Orang2

Tes tersebut mengharuskan engkau untuk menggambar seseorang utk kemudian kau disuruh mendeskripsikan usia, rupa kelamin, bersama aktifitas dr orang tersebut. Tes ini dipergunakan untuk mengetahui tangung jawab, keyakinan diri, kestabilan, dan ketahan kerja.